Tips Dan Trik membuat Bakso agar Kenyal

MEMBUAT bakso bukan hanya mencampur adonan, lalu memasaknya. Ada seni agar bakso Anda terasa kenyal dan dan rasanya lebih nikmat serta bervariasi.

Tips Dan Trik membuat Bakso agar Kenyal

Berikut trik membuat bakso nikmat dengan tekstur kenyal, seperti diulas Thedailymeal:

Gunakan bahan segar
Daging merupakan bahan utama pembuatan bakso. Untuk bakso lebih variatif, tambahkan keju parut, telur, dan remah roti pada adonan bakso.

Penting untuk menggunakan remah roti yang segar (Anda buat sendiri) dari merek roti terpercaya. Remah roti akan membuat bakso padat, tapi cukup kenyal. Jangan ragu untuk mencoba menggunakan bahan lain dalam kreasi bakso Anda untuk mendapatkan rasa yang berbeda.

Basahi tangan
Basahi tangan setiap kali Anda membentuk bakso. Tangan yang basah memudahkan Anda membentuk bulatan bakso sehingga tak perlu usaha lebih keras mengatasi daging yang melekat di tangan.

Perbandingan bakso dan lemak
Jika Anda menggunakan daging tanpa lemak, maka tekstur bakso menjadi terlalu padat dan tidak kenyal. Untuk pemilihan daging, sebaiknya perbandingan daging dan lemak adalah 80 : 20. Jangan terlalu berlebihan saat mencampur daging karena udara akan keluar sehingga bakso menjadi terlalu padat.

Penyimpanan bakso
Untuk proses penyimpanan, baluri bakso dengan tepung lalu bekukan ke dalam freezer tanpa ditumpuk satu sama lain di atas loyang dan bungkus ke dalam kantung feeezer. Dengan cara ini, daya tahan bakso bisa hingga 2 bulan.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Balado Terong Ungu Sambal Teri

Soun Goreng Pedas

Sop Kikil